Jumat, 15 September 2017

Pentingnya Menerapkan TRI DHARMA Perguruan Tinggi


Setiap universitas tentu  mengharapkan agar seluruh mahasiswanya memiliki kemampuan akademis dan profesionalitas yang tinggi sehingga mampu menghadapi masa depan yang terus berkembang setiap saat dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena duduk di perguruan tinggi adalah pendidikan formal terakhir setelah menempuh sekolah menengah atas, untuk itu proses akademiknya pun berbeda. Karena di perguruan tinggi mahasiswa lebih diajarkan mandiri dan lebih mengutamakan pengembangan pola pikir mahasiswa. Apalagi di era modern dan globalisasi sekarang ini yang semakin rumit dan menjadi tantangan untuk seorang mahasiswa dalan mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, untuk mewujudkan tujuan tersebut, peran Tri Dharma Perguruan Tinggi disini sangat dibutuhkan sebagai acuan bagi para mahasiswa untuk mewujudkan tujuan tersebut.
Tridarma Perguruan Tinggi adalah tiga pilar utama yang ditujukan kepada para mahasiswa agar bisa mendorong mereka untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan membanggakan. Bukan hanya mahasiswa, tetapi dosen dan seluruh elemen yang ada dalam perguruan tinggi pun ikut melaksanakan dan mengamalkan pilar tersebut. Tiga pilar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendididkan dan pengajaran,penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.
                Pendidikan dan pengajaran berarti berlangsungnya proses pewarisan ilmu pengetahuan. Disini terlihat peran dosen dan kakak mahasiswa yang memberikan kita informasi mengenai ilmu pengetahuan dan informasi yang didapat selama duduk di bangku kuliah. Dan kewajiban untuk kita untuk mewariskan ilmu tersebut kepada adik kelas mahasiswa kelak dan yang membutuhkan. Pendidikan dan pengajaran dilakukan demi terwujudnya mahasiswa  unggul dan bisa mengharumkan nama bangsa.
                Penelitian dan pengembangan, sebagai seorang mahasiswa belum cukup jika selama kita kuliah hanya mendengarkan dosen mengajar dalam perkuliahan saja. Disini penelitian dan pengembangan sangat penting karena jika kita hanya menguasai sebuah teori semata itu tidak akan nada gunanya. Penelitian dan pengembangan dilakukan agar apa yang kita peroleh seperti teori-teori dari perkuliahan semakin berkembang dengan dilakukannya penelitian itu. Penelitian dilakukan sebagai bentuk dari keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam rangka memajukan pendidikan dan peradaban di Indonesia.
                Tri dharma yang terakhir yaitu pengabdian kepada masyarakat, para mahasiswa yang telah mendapatkan ilmu pengetahuan melalui berbagai macam penelitian bisa langsung diterapkan dengan terjun mengabdi kepada masyarakat. Dapat terlihat jelas hasil penerapan dari ilmu dan penelitian yang kita lakukan selama duduk di perguruan tinggi. Aktivitas  ini sendiri  dapat dilakukan atas inisiatif individu maupun kelompok tanpa mencari keuntungan tetapi dengan cara mengabdi tadi. Kegiatan ini sangat menguntungkan dari berbagai pihak, yaitu sangat membantu masyarakat, membanggakan bagi almamater perguruan tinggi dan juga bisa menjadi mahasiswa yang terlatih tentunya mengharumkan nama baik orang tua. Penerapan dan pengabdian dilakukan melalui berbagai cara yang ditempuh guna menciptakan budaya baru yaitu “Mengabdi dan menanamkan keikhlasan dan sikap rendah hati” pada setiap lulusan perguruan tinggi.
            Selain itu, mahasiswa hendaknya mau untuk turun langsung ke masyarakat dengan melakukan pengabdian, seperti membantu panti asuhan, membersihkan areal pantai, menanam seribu pohon di areal tandus dan areal sering terjadinya bencana banjir. Hal ini akan meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Dalam pembelajaran di kelas, mahasiswa juga hendaknya secara individu dan kelompok untuk mengulas dan membahas gejala-gejala social yang ada di masyarakat, agar timbul perasaan untuk bisa hidup di masyarakat. Serta agar tetap tercapainya hubungan yang baik antara perguruan tinggi dengan mahasiswanya, hendaknya dilakukan kegiatan-kegiatan seperti diskusi, pers, seminar, dan lain-lain.
             Untuk membangun rasa cinta tanah air dan rakyat didalam diri seorang mahasiswa yang pertama harus kita lakukan adalah menanamkan nilai-nilai pancasila pada diri kita sebagai mahasiswa. Karena dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut maka dengan sendirinya kita akan merasakan bahwa rasa nasionalisme itu perlu, membela rakyat itu harus dan kita juga harus benar-benar memahami peran kita sebagai mahasiswa. Menerapkan tiga pilar dasar perguruan tinggi (Tridharma Perguruan Tinggi) yaitu Pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengapdian pada masyarakat. Sehingga kita bisa bersama-sama membangun perubahan terhadap Indonesia, perubahan yang lebih baik untuk Indonesia tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar